Hidup Di Luar Tempurung

Benedict Anderson adalah Benedict lain yang saya sukai selain Bennedict Cumberbatch (tentunya).

Benedict Anderson muncul dalam radar saya ketika ketertarikan saya pada bacaan-bacaan kiri. Ia disebut mempunyai perpustakaan lengkap tentang sejarah Indonesia, saking lengkapnya (menurut artikel yg saya baca ketika itu) saya sampai ingin berkunjung. Ia jatuh cinta kepada Indonesia meski ia lahir di Tiongkok, berpasport Irlandia.

Tahukah kalian bahwa penyebutan “bule” pertama kali diciptakan oleh Benedict Anderson sekitar tahun 1962-1963. Ketika itu, ia pertama kali datang ke Indonesia untuk meneliti efek pendudukan Jepang di Indonesia. Pasalnya ia kikuk dipanggil “Tuan”, dibungkuk-bungkuki rakyat Indonesia yang berfikir ia orang Belanda. Ia memberikan panggilan “bule” untuk dirinya agar ia dibedakan dari orang-orang Belanda. Sejak saat itu, panggilan “bule” bergulir untuk orang-orang berkulit putih yang datang ke Indonesia.

Benedict meninggalkan Indonesia sebelum pecah peristiwa hebat tahun 1965. Setelah itu, ia termasuk kelompok yang dilarang masuk ke Indonesia, selama pemerintahan Soeharto. Alasannya, ia berasal dari Cornell University yang dianggap mendukung aliran kiri. Ia kembali mendapatkan hak untuk memasuki Indonesia pada tahun 1999.

Tentang judul yang dipilih untuk autobiografinya,Benedict Anderson menjelaskan (kurang lebih) seseorang yang berdiam di satu titik dalam waktu yang cukup lama akan berfikir hal-hal yang ada disekelilingnya sebagai satu-satunya dunia.

Benedict beruntung hidup berpindah-pindah sejak kecil yang membuatnya tidak mempunyai ‘tempurung’.

Begitu saja saya menjadi sangat ‘katak’.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s