2016: Tahun Membaca Terburuk

Tahun ini saya hanya berhasil menuelesaikan 29 buku. Saking tidak percaya dengan hasil perhitungam Goodreads, saya sampai menghitung sendiri jumlah buku yang saya selesaikan sepanjang tahun 2016. Jumlahnya dua puluh sembilan. Tidak lebih tidak kurang. Padahal tahun-tahun sebelumnya sama bisa membaca sekitar 40 buku dalam setahun. 

Sebegitu sulitkah membaca? 

Dulu saya suka mencemooh orang-orang yang punya timbunan buku untuk dibaca. Bagaimana mungkin kalian mengaku hobi membaca tapi tidak sempat membaca? Begitu kira-kira yang ada dalam benak saya. Karena (dulu) saya selalu bisa meluangkan waktu untuk membaca, namun bahan bacaan terbatas (saya belum hobi ke perpustakaan, dan budget beli buku sangat terbatas).

Dulu saya membaca dalam situasi “Well Prepared”. Duduk-goleran diatas kasur, menyalakan radio/musik, membaca, tanpa snack, inilah yang saya sebut dengan “well prepared”. Saya benar-benar menyempatkan diri untuk membaca. Bisa malam, pagi, siang, sepanjang siang, bahkan sepanjang malam. Bebas yang penting ashoyy.

Sekarang, sering kali saya membawa satu buah buku jika sedang bepergian antar kota. Maksud hati ingin membaca buku disepanjang perjalanan atau disela-sela waktu liburan, atau bahkan untuk mengisi waktu menunggu angkutan.

Anehnya, semakin saya berusaha menyisipkan waktu untuk membaca, semakin saya tidak membaca sama sekali. Selalu ada hal lain yang merenggut waktu membaca ini. Kepikiran pekerjaan, cek media sosial karna di kantor nggak sempat, cek berita dan situs belanja online dan sebagainya.

Ternyata menyediakan waktu untuk membaca memang sesulit itu. Wajar kalau tahun 2016 ini saya tidak menghasilkan tulisan yang bisa membuat saya berpuas diri. Membaca adalah makanan untuk menulis. Mustahil menghasilkan tulisan baik kalau tidak rajin membaca. Sama mustahilnya dengan ingin tubuh ideal tapi jarang olahraga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s