Sejak Kapan Lo Lari? (Part 1)

Beberapa waktu yang lalu, ketika memposting sebuah foto tentang gw berlari, seorang teman ketika SD (belanjut sampai SMP) meninggalkan sebuah komentar, 

“Sejak kapan lo lari?”.

Wajar jika teman gw ini heran, mengingat sejak SD gw nggak pernah menyukai kegiatan olahraga. Gw akan menjadi orang yang tidak memberikan skor pada permainan bola kasti.Gw adalah orang yang membiarkan bola jatuh tepat di depan net ketika mencoba passing dalam permainan bola volli. Gw, si kaki pendek, dengan angka sentimeter tubuh melebihi angka sentimeter yang bisa gw raih pada percobaan lompat jauh. 

Jika dalam olahraga lain gw akan berkumpul dengan siswa ‘gagal’ lainnya, maka dalam lari, kegagalan tersebut punya pemilik tunggal. Sejatinya lari adalah perlombaan perseorangan (kecuali lari estafet). Seperti yang komentar tambahan dari teman yang sama, sejak dulu gw menjadi orang terakhir yang sampai di garis finish.

Gw mulai berlari pada pertengahan masa perkuliahan. Biasanya gw lari sabtu pagi, berkeliling taman yang letaknya satu area dengan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Cukup rutin, apalagi setelah ada yang menyebut pasal berat badan gw.

Ketika itu, lari belum lagi setenar sekarang. Kebanyakan orang yang gw temui adalah para lansia. Mereka biasanya berlari atau berjalan cepat dalam kelompok-kelompok kecil. Bergerak sembali mengobrol tentang masa lampau, masa sekarang dan masa depan. Topiknya bisa kenangan, headline koran, rencana menjadi besan dan lain sebagainya.

Ketika gw terengah-engah, beberapa diantaranya suka menyemangati,

“Ayo Neng, lari lagi”

Gw tersenyum manis ketika disapa. Semakin kelompok lansia itu bergerak maju, kemanisan dalam senyum gw merosot jadi kecut. 

“Gila,gw kesalip sama aki-aki”

Sedih.

(Bersambung)

One thought on “Sejak Kapan Lo Lari? (Part 1)

Leave a Reply

