Tiada Tempat Senyaman Rahim.

Tiada tempat senyaman selubung rahim. Sayangnya Janin lebih tergoda iming-iming indahnya dunia. Sembilan bulan,waktu yang ia butuhkan untuk mengukuhkan niat, sebelum menerobos mulut rahim, gerbang menuju dunia.

Tangis Janin pecah, dunia ternyata tidak seindah apa yang ia bayangkan. Tidak ada lagi lagi tali pusar, sebuah saluran dengan detektor otomatis. Tidak perlu tombol untuk membuatnya menyalurkan makanan, tidak pula untuk menghentikan. Di dunia Janin harus menemukan makanannya sendiri. Meski ibu masih berbaik hati menjadi penyedia pada masa-masa transisi.

Janin linglung. Sebelum dilepas ke dunia, ia sudah dilengkapi dengan rangkaian tugas rahasia. Code name takdir. Janin membuat janji akan melaksanakan semua tugas rahasia tersebut tatkala hatinya buncah oleh kebahagian -Ia akan melihat dunia sebentar lagi-. Benarlah kiranya nasihat orang-orang bijak.

Jangan berjanji ketika bahagia

Janin ingat janjinya untuk menjalankan takdir. Tapi ia lupa takdir seperti apa.

Jangan persalahkan orang lupa. Ia tak ubahnya seperti mesin dengan program tercanggih namun tidak bisa diaktifkan tanpa sebuah kata kunci. Janin bergerak sempoyongan, mengikuti penggalan ingatan. Berharap menemukan gambaran utuh tentang takdir.

Janin luntang-lantung. Dunia ternyata terlalu luas, terlalu kompleks. Namun harus ia jelajahi. Jika penat melanda Janin tau, ibu adalah pelabuhan abadi.  Ketika itulah, Janin kembali menangis, kali ini ia tidak menyesal,”benarlah kiranya bahwa tiada tempat senyaman rahim ibu”.

Tapi satu hal lagi yang perlu diingat, senyaman-nyamannya rahim, Janin tetap harus pergi. Karna tidak ada kapal yang terus merapat ke dermaga selain kapal rusak.

Bandung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s