Nirmala dan Kisah Para Puteri.

Konon katanya kisah para anak perempuan tidak pernah jauh dari impian menjadi seorang putri. Tidak penting terlahir dati putri yang tertindas,tertukar atau terkurung dalam sangkar emas sekalipun. Semuanya akan berakhir pada frasa “Hidup bahagia selamanya”.

Sebelum sampai ke frasa tersebut tentu saja mereka harus melewati tantangan. Kembali, tidak usah ambil pusing dengan tantangan seperti apa, karena semua pun luput dengan satu mantra ajaib “cinta sejati”. Jika dahulu cinta sejati selalu milik pangeran tampan, belakangan “tuhan” dunia dongeng mulai realistis, tidak semua pangeran tampan hadir dengan cinta sejati.

Setiap anak perempuan hidup dengan angan-angan menjadi putri. Lalu, pernahkah saya berangan-angan yang sama?

Saya tidak ingat. Yang saya ingat saya ingin menjadi Nirmala. Mempunyai tongkat ajaib yang bisa mengeluarkan bekal dari kain, ketika Oki lupa menyiapkan bekal pinik. Saya ingin menjadi nirmala yang dengan ayunan tongkatnya bisa mengalahkan penyihir jahat.

Jika kisah para putri selalu berakhir dengan hidup bahagia selamanya. Bagaimana dengan Nirmala?. Kembali saya tidak tau. Apakah Nirmala sempat jatuh cinta? Apakah Nirmala lenyap setelah Oki ‘dewasa’, serupa hilangnya Doraemon?

Apakah kisah Nirmala pernah ditulis hingga usai? Ini pun saya tidak tau. Saya berhenti membaca Bobo setelah hukum tidak tertulis dikalangan anak SMP, menyebutkan membaca Bobo adalah sebuah bentuk ketinggalan jaman.

Tidak perlu menyalahkan Nirmala. Nirmala adalah wujud kehidupan yang lebih realistis dibandingkan para putri. Hidup tidak hadir hanya dalam satu chapter. Ia hadir dalam banyak capter yang tidak bergerak simultan. Paralel, saling tumpang tindih.

Leave a Reply

