15 Tahun Supernova

2001

Saya tidak mendengar kelahiran KPBJ meski membaca sudah menjadi hal yang saya sukai. Sepertinya pada tahun yang sama saya lebih sibuk membaca goosebumps, wiro sableng dan/atau lupus. Saya membaca apapun yang bisa saya pinjam dari teman atau perpustakaan.

Kalau itu saya sudah mengetahui bahwa Dewi Lestari adalah salah satu penyanyi penyusun RSD (meski saya tidak mengetahui lagu-lagu mereka).

2002

Lahirnya Akar sempat menjadi pemberitaan di infotaiment ketika itu, karena bersingungan dengan salah satu kelompok agama (kalau tidak salah). Inilah perkenalan pertama saya dengan Supernova. Hanya saja karena saya mengetahui Dewi Lestari sebagai penyanyi, saya rasa ia sedang aji mumpung dengan usahnya menerbitkan buku. Jadi saya tidak tertarik dengan Supernova. Lagi pula wilayah pemasaran Supernova kala itu belum terlalu luas (analisis anak daerah yang tidak menemukan satu orang pun berbicara tentang Supernova disekitarnya, ketika itu).

2004

Lahirnya Petir. Saya tidak tau sama sekali. Saya sedang diawang-awang karna baru jadi anak SMA dan gila Harry potter.

2009

Menunggu pergantian tahun baru, dikenalkan kepada Perahu Kertas oleh salah seorang teman. Dari beberapa halaman yang saya baca, saya tau Dewi Lestari tidak aji mumpung seperti yang selama ini saya kira. Ia menulis,bagus, dan luar biasa.

Beberapa hari kemudian saya sudah menamatkan Perahu Kertas. Beberapa bulan kemudian Filosofi Kopi. Beberapa bulan selanjutnya Recto Verso. Ingin hati lanjut baca supernova, sayang sekali supernova kala itu tidak lagi beredar luas. Ini siksaan yang luar biasa.

2011

Makin pengen baca Supernova karena terpincut Madre. Nyari pinjeman supernova sulit. Patah hati.

2012

Horeee.. Seri keempat Supernova : Partikel terbit. Horeee kuadrat karena Bentang Pustaka juga membeli hak penerbitan atas KPBJ, Akar dan Petir. Abis gajian, langsung beli 4 buku yang bersangkutan.

Marathon membaca 4 seri Supernova sekaligus sangat tidak disarankan. Karena membuat kepala pening, sakit pinggang karena berusaha menemukan posisi membaca yang pas, leher pegal dan kemampuan memaki semakin terasah.

ANJ*R ini buku bagusnya luar biasa. Kemana aja gw selama ini?

2014

Menikmati Gelombang. Bertemu Mak Suri secara langsung untuk pertama kalinya lewat acara Dee Coaching Clinic. Event ini akan menjadi momen yang sulit gw lupakan karena 3 hari sebelumnya HP gw ilang padahal keesokannya gw harus ke luar kota.

2016

Selamat datan Intelenji Embun pagi. Idola saya tetap Mpet dan Bodhi.

 

*bermaksud menulis review IEP, tapi nunggu wangsit dulu*

 

 

 

 

Leave a Reply

