Alfa Female

Istilah alfa merujuk kepada pemimpin sebuah kawanan yang biasanya indentik dangan laki-laki/pejantan. Ayah Tarzan diantara kawanan gorila di film Tarzan, ayah alex dalam kawanan binatang di savana afrika dalam Madagascar, adalah sedikit dari banyak alfa male.

Kalian hanya perlu menggeser sudut pandang sedikit saja, untuk melihat alfa female dalam scene yang sama. Yap! Para istri mereka. Bukan berarti semua istri alfa male adalah seorang alfa female (walaupun kemungkinan besarnya seperti itu).

Yang menjadikan perempuan/betina seorang alfa adalah karakter yang terdapat dalam dirinya. Keberanian untuk mengambil keputusan, mengemukakan pendapat, dan kepercayaan diri bahwa ia memiliki kesempatan dan kompetensi yang sama dengan laki-laki/pejantan.

Ingat bagaimana Ibu Tarzan mengendalikan situasi setelah suaminya terbunuh? Jika ia bukan seorang alfa female, maka yang ia tidak akan sanggup berdiri tegak, menenangkan kawanannya. Jika ia bukan seorang alfa female, ibu tarzan mungkin akan galau berbulan-bulan sambil sesekali posting foto mesra dengan mendiang ayah tarzan di-IG (lebay). Ya! bukan satu rahasia lagi dalam kawanan binatang, ketika alfa mereka mati, kawanan tersebut akan gamang sebelum alfa baru muncul.

Perjuangan menjadi alfa pun bukan satu hal yang mudah ada proses seleksi untuk membuktikan bahwa ia adalah yang terkuat dikawanannya. Ingat waktu alex diminta mengeluarkan auman oleh ayahnya tapi gagal? Mungkin bagi kawanan Alex, auman menjadi salah satu kriteria dalam menentukan Alfa.

Berhubung hari sebelumnya gw nonton The Intern, gw akan bahas Alfa Female dalam film tersebut,Jules. Ia muncul dengan idenya, kemampunnya membangun e-commerce, usahanya untuk tetap hadir dalam keluarganya. Bahkan sisi negatifnya, yang tidak menerima Ben (Senior Intern) karena ia lebih suka bekerja sendirian, tidak menunjukan penghargaan langsung kepada bawahannya justru semakin menguatkan karakter Jules sebagi alfa female.

Jika berkaca kepada pendapat umum ‘Yang ganteng harusnya dengan yang cantik’ maka sepatutnya Alfa Male pasangannya Alfa Female bukan? Sayangnya, menurut Henry Manampiring dalam bukunya ALfa Girl’s Guide, kombinasi alfa male- alfa female ini justru punya kemungkinan berpisah lebih tinggi.

Masih dalam buku yang sama, menurut Henry Manampiring pasangan terbaik untuk Alfa Female justru bukan dari golong Alfa Male. Seorang alfa female membutuhkan pasangan yang tidak terlalu ambisius, karena ia sendiri sudah ambisius. Ia membutuhkan pasangan yang mendukung keinginannya untuk terus maju tanpa kehilangan respect terhadapa pasangannya.

Ini juga yang terjadi pada Jules. Suaminya dulu adalah seorang marketer namun memutuskan untuk menjadi full-time-dad setelah usaha Jules menguras banyak waktu.

(bersambung)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s