Sebelum 28

Saya sering kali dihantui pertanyaan yang sama setiap kali mengunjungi tempat baru. Apa yang saya cari,sebenarnya?

Bagi sebagian orang menghabiskan sejumlah uang untuk mengunjungi suatu tempat mungkin terdengar bodoh. Apalagi diusia saya sekarang, beberapa kenalan kerap membandingkan uang yang dihabiskan untuk sebuah perjalanan dengan cicilan inventasi perumahan atau tabungan pernikahan.

Bisa jadi mereka benar, tapi kebenaran tidak berlaku mutlak. Saya yakin ada jutaan orang yang seperti saya.

Lihat saja, manusia-manusia yang bertebaran di sudut-sudut tertentu bandara international. Kenyamanan paling minim yang mereka korbankan adalah mengganti alas tidur dari kasur menjadi lantai bandara. Bagi yang beruntung dan giat berkeliling, bisa jadi menemukan sudut lantai berlapis karpet. Bagi yang kurang beruntung, masih ada kursi-kursi di ruang tunggu.

Apa yang saya cari?
Apakah saya mencari ditempat yang benar?

Sungguh saya tidak tau. Jika benar bahwa hidup batu dimulai pada usia 40 dan sebelum masa itu kita hanya melewati masa-masa pencarian, maka saya masih punya waktu 12 tahun 10 hari lagi bukan?

#ditulis dati atas pesawat KUL-JKT, setelah kunjungan panjang ke Cambodia#

Dia Febrina

Leave a Reply

