Gramedia dalam Harmonisasi Tekhnologi

download

Siapa yang meragukan jaringan distribusi toko buku offline Gramedia. Bahkan keberadaan toko buku Gramedia menjadi tolak ukur status sosial sebuah kota. Kota yang mempunyai toko buku Gramedia layak disebut kota besar atau sebuah kota yang sedang mengalami perkembangan.

Butuh kunjungan rutin dan keterbatasan pos belanja buku untuk sedikit memahami pergerakan buku dalam sebuah toko buku Gramedia. Buku yang semula berada pada tataran New Arrivals lambat laun harus bergerak ke rak yang lebih dalam kecuali buku-buku tersebut menduduki peringkat top list.

Setiap jenis dan judul buku mempunyai masa ‘nampang‘ yang berbeda-beda di toko buku offline. Masa ‘nampang’ tersebut terkadang lebih cepat daripada masa yang dibutuhkan untuk recovery pos belanja buku.

Keberadaan Gramedia.com, sebuah platform toko buku online milik Gramedia, menjadi sebentuk kebahagiaan bagi pemburu ‘harta karun’ seperti saya. Bagaimana tidak, buku-buku yang sudah tidak ditemukan di toko buku offline, bisa saja temukan di sini.

Bukan hanya ketersediaan buku yang lebih beragam, Gramedia.com juga secara tidak langsung berpartisipasi terhadap kampanye meningkatkan minat baca. Bagaimana tidak, daerah-daerah yang dahulunya tidak terjangkau jaringan toko buku offline, sekarang mempunyai kesempatan yang sama.

Apalagi kerjasama Gramedia.com dengan beberapa bank mampu meningkatkan daya beli melalui program-progrom promosi yang ditawarkan.

Lima belas tahun yang lalu, bisa jadi hanya Bill Gates yang bisa melihat bahwa penghuni bumi di masa depan bepergian dengan sebuah perangkat komputer dalam genggaman mereka.

Sebagai seorang ‘cenayang’ Bill Gates tentu sudah mempersiapkan diri akan kehadiran masa tersebut. Sedangkan bagi penghuni bumi selain Bill Gates dibutuhkan sebuah penyesuaian yang cepat agar mampu bergerak selaras dengan perubahan tersebut.

Dan itulah yang dilakukan oleh Gramedia. Ia bergerak harmonis bukan hanya dengan kemajuan tekhnologi tetapi juga dengan kebutuhan pelanggannya.


Tulisan ini disertakan dalan #GBCDesember

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s