Menjadi Tua Itu Pasti, Pura-Pura Tua Itu Pilihan

Kondisi bus transjakarta dari Kota menuju Blok M tidak padat. Semua bangku diisi, hanya beberapa penumpang yang berdiri. Saya menjadi salah seorang penumpang yang beruntung mendapatkan tempat duduk.

Tak lama kemudian, penumpang di samping saya bangkit, mendekati pintu transjakarta yang mendekati halte Tosari. Setangah berlari, salah seorang perempuan menggapai kursi yang sekarang kosong. Saya tidak memperhatikan perempuan ini sebelumnya. Namun saya perkirakan posisi ia sebelumnya dekat dengan pintu tengah sementara bangku yang sekarang ditempatinya dekat dengan pintu depan Transajakarta.

Gerak cepat perempuan tersebut mampu mengalahkan pesaingnya yang berdiri jauh lebih dekat dari kursi tadi. Perempuan ini, bisa dikategorikan sebagai perempuan gesit, yang punya keahlian menerobos kawanan perempuan lain ketika berebut diskon, begitu menurut salah seorang teman saya.

Kecepatannya untuk mengambil ‘kesempatan’ sama cepatnya dengan kemampuan jemarinya mengetik update status di aplikasi bbm. Harus saya akui, saya mengintip apalagi ukuran layar ponselnya yang memang intipable. Begini tulisnya

Dunia sekarang sudah gila, orang muda nggak mau nggalah sama orang tua. Dunia udah mau kiamat

Saya ingin terbahak namun saya memilih tertawa dalam hati saja. Mentertawakan ‘orang tua’ tentu tidak sopan bukan? Dibandingkan dengan saya, tentu saja ia lebih tua. Tapi ia tidak setua itu sehingga ia merasa punya hak untuk diprioritaskan apalagi dengan kondisi fisik yang terlihat sangat sehat -ingat dia setengah berlari dari tempat ia berdiri, mengalahkan perempuan lain yang lebih dekat posisinya dengan kursi yang kosong- .

Kebanyakan perempuan tidak suka disebut tua. Namun ketika berhadapan dengan kompetisi memperebutkan kursi di transportasi umum Ibukota, sebagiannya mendadak menjadi tua.

Leave a Reply

