Where Am I Belong To?

J.K Rowling menetapkan untuk masuk kesebuah lingkungan pendidikan -yang nantinya juga mempengaruhi lingkungan sosial- setiap anak usia 13 tahun harus melewati topi seleksi. Topi seleksi akan menelaah alam bawah sadar setiap anak untuk menentukan di asrama mana ia akan ditempatkan.

Bertahun-tahun yang lalu, ketika euforia Harry Potter terlalu kuat, gw bercita-cita masuk ke asrama Gryfindor. Siapa yang tidak ingin menjadi orang hebat, sang pejuang, menjadi pahlawan.

Bulan lalu,ketika untuk kesekian kalinya gw menyaksikan serial Harry Potter, hati kecil gw berceletuk?

“Asrama mana tempat gue yang sebenarnya -jika gw adalah satu dari ciptaan J.K Rowling-?”

Untuk pertama kalinya gue memperhatikan karakter-karakter ciptaan J.K Rowling. Sayangnya karakter J.K Rowling yang paling banyak disorot berasal dari kelompok Gryfindor dan Slyterin. Nggak masalah karena gw tidak yakin bisa menjadi golongan bijak (Revenclaw) dan loyal (Hafflepuff).

Diantara 3 sekawan, gw berusaha menemukan jiwa ksatria dalam sosok Ronald Weasley. Karena seperti yang Ron sendiri rasakan, ia menjadi satu-satunya orang yang tidak punya keahlian diantara mereka bertiga.

Nyatanya, semakin diperhatikan semakin jelas bahwa Ron memang keturunan Gryfindor. Ingat ketika Ron bersama hari mengunjung Hutan Terlarang bertemu kawanan laba-laba meski ia takut akan laba-laba? Ingat ketika Ron mengikuti Harry bertualang dan meninggalkan keluarganya? Ronald Weasley jelas seorang kesatria. Ia melawan rasa takutnya.

Bandingkan dengan Malfoy. Ia berusaha terlihat superior untuk menutupi rasa takutnya. Ia tidak mampu menolak apa yang bertentangan dengan nuraninya. Ia pengikut manusia kebanyakan. Ia berada di kelompok yang kuat agar terlihat kuat.

Sepertinya ketika topi seleksi di tempatkan di atas kepala gw, gw akan bergabung dengan Malfoy di asrama Slyterin.

Jika ciptaan J.K Rowling menjalani seleksi pada usia 13 tahun, ciptaan Veronica Roth menjalani proses seleksi pada usia 16 tahun. Hanya saja ciptaan Veronica Roth punya hak untuk menentukan akan menjadi kelompok mana mereka kelak.Dunia Veronica Rorth dibagi menjadi 5 bagian utama yang disebut dengan faction. Kelompok terakhir adalah factionless, kelompok yang bukan bagian dari ke-5 kelompok utama.

Factionless adalah makhluk 16 tahun yang sudah menentukan pilihan namun gagal dalam proses inisiasi sebelum dinyatakan sah sebagai penduduk faction tertentu.

Jika gw menjadi salah satu makhluk ciptaan Veronica Roth gw yakin bukan seorang Divergent.

Faction pertama yang akan gw eliminasi adalah Erudite karena gw jauh dari otak para penemu dan pemikir. Pergerakan gw, keputusan-keputusan gw sering kali bergerak karena intuisi.

Abnegation pun sepertinya tidak. Gw nyaris nggak peduli dengan urusan orang lain. Semua orang yang kenal gw bisa merasakan itu. Gw bukan peri baik hati yang mudah tersentuh.

Selanjutnya adalah Candor. Beberapa orang beranggapan gw sarkas karena gw tidak terlalu pandai berbasa-basi. Gw terlihat ‘jujur’, menyampaikan dan bersikap sesuai yang gw yakini. JIka tidak menyukai seseorang gw sulit untuk berpura-pura baik, bahkan pada level gesture sekalipun. Meski terlihat ‘jujur’ sebenarnya gw adalah pembohong ulung.

Jika diminta memilih dua opsi yang tersisa, Amity atau Dauntless, mungkin gw akan memilih Amity. Gw tidak memilih Dauntless meski rasanya keren menjadi kesatria karena gw rasa gw akan menjadi orang pertama gagal pada inisiasi pembuka. Gw akan ketinggalan kereta dan menjadi factionless beberapa menit setelah memilih Dauntless.

Mudah-mudahan penguni faction Amity bukan orang-orang yang sibuk mengurusi orang lain, karena mengurusi urusan orang lain akan bertentangan dengan prinsip cinta damai. Tidak perlu menjadi kesatria karena pertarungan bertentangan dengan damai itu sendiri.

Gw memilih Amity karena sepertinya berada diantara orang-orang yang cinta damai, gw punya kesempatan untuk ‘tidak terlihat’.

Leave a Reply

