[Jalan2] Penang

Sebenarnya saya sendiri tidak punya ekspektasi apapun ketika diajak mengunjungi Penang. Saya memberi kesempatan kepada Penang untuk memberikan kejutan.

Kami menginap di Bayview hotel, dan bisa dicapai dengan menggunakan free bus dari pelabuhan. Seperti namanya, dari jendela hotel, saya bisa menyaksikan lepas pantas Penang dan Penang Bridge yang cukup terkenal. Penang Bridge ini menghubungkan Penang dengan daratan Malaysia lainnya.

Lalu, inilah yang saya lakukan di Penang

1. Berkeliling George Town.

Sebenarnya saya tidak benar-benar mengelilingi George Town. Saya hanya berjalan santai di sekitar hotel sekitar 70 – 90 menit.

Dari segi tata kota, Penang mirip dengan Kota Tua di Jakarta dan Kota Lama di Semarang. Hanya saja dalam versi yang lebih terawat. Beberapa bangunan lama (mungkin peninggalan Inggris) masih berdiri kokoh dan difungsikan sebagai bangunan kantor juga tempat tinggal. Begitulah sebuah bangunan, ia bertahan ketika ditinggali.

Dari hasil berkeliling saya juga menyadari satu hal, bahwa semua bangunan di George Town ini sebenarnya mempunyai bay view hanya jika bangunan disebelahnya tidak lebih tinggi. George Town berada tepat dipinggir pantai bahkan beberapa hotel mempunyai akses langsung ke bibir pantai, layaknya beberapa Bar and Dine di Seminyak,Bali.

2. Penang Hills

Di sepanjang jalan menuju Penang Hills, saya melewati beberapa landmark George Town. Seperti KOMTAR, bangunan tertinggi di Penang dan merupakan sebuah pusat perbelanjaar, ‘masjid agung’-nya Penang dan lain sebagainya.

Penang hills berada di puncak sebuah area perbukitan yang berada di pinggir George Town. Untuk sampai ke Penang Hills, saya harus membayar RM 30 untuk tiket lift. Lift ini mempunyai kemiringan yang luar biasa. Bayangkan kamu berada di kaki bukit dan Penang Hills ada dipuncak bukit, kemudian tarik garis lurus. Nah sepeti itulah jalur lift yang membawa kami menuju Pnenag Hills.

Kalau menurut saya, menyaksikan George Town dari ketinggian menjadi satu-satunya nilai jual Penang Hills. Selain itu, nyaris tidak ada yang bisa saya lakukan meski Penang Hills juga menyediakan spot wisata lain seperti tempat ibadah, taman burung hantu dll. Ada pula ruang terbuka yang bisa digunakan digunakan sebagai area bermain oleh kanak-kanak. Mungkin inilah mengapa kebanyakan pengunjung adalah keluarga dengan balita dan kanak-kanak.

Tapi entahlah, saya tetap tidak merasa ada satu hal yang benar-benar menarik di atas sana. Kecuali perjalanan dengan liftnya. Pada beberapa titik, perjalanan menggunakan lift ini menjadi mirip roller coaster. πŸ˜€

3. Kok Lek Si Temple.

Kuil ini terlihat mencolok dari pinggir jalan ketika saya menuju Pennag Hills. Hanya berjarak satu pemberhentian bus dengan Penang Hills.

Yang membuat kuil ini mencolok adalah patung dewi Kwam In yang tinggi menjulang. Banyak peziarah atau mungkin warga lokal yang datang untuk berdoa. salah satu sisi manarik yang bisa dijadikan selfie spot adalah sis kuil yang dihiasi banyak lampion.

Oh ya, jika ingin melihat patung Dewi Kwam In dari dekat, pengunjung dikenakan biaya RM 3 untuk menggunakan lift.Β  Selain bis amelihat patung Dewi Kwam In dari dekat, dari ketinggian tersbeut pengunungjung juga bisa menyaksikan kota George Town. AH, kalau tau dari awal, mungkin saya tidak akan ke Penang Hills. Cukup dengan datang ke Kok Lek Si Temple ini saja πŸ˜€

Tentang makanan, sepertinya Char Kwe Tiaw menjadi makanan khas Penang. Hanya saja dari hasi googling, disebutkan Char Kwe Tiaw ini non-halal. Saya mencicipi kwe tiaw di pusat perbelanjaan Penang. Nggak tak deh itu Char Kwe Tiau atau bukan. Nggak tau juga deh itu halal atau bukan πŸ˜›

Jangan pernah takut kelaparan di Penang karena ia menawarkan wisata kuliner 24 jam. Beberapa tempat makan memang baru buka menjelang tengah malam. Kebanyakan makanan yang ditawarkan adalah Chinese Food atau nggak makanan india.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s