[Movie] Gone Girl

Awalnya gue pikir Gone Girl ini punya alur cerita yang sama dengan Taken. Tentang anak perempuan yang menghilang -siapa suruh judulnya ‘girl’- ternyata tidak. Ini adalah tentang seorang seorang istri yang menghilang di hari ulang tahun pernikahannya yang ke-5.

Menghilangnya Amy bukan hanya menyebabkan kesedihan bagi banyak orang -Amy adalah tokoh inspiratif dari buku cerita kanak-kanak, The Amazing Amy- tetapi juga menyebabkan Nick, dicurigai sebagai pelaku pembunuhan.

Semua bukti memang mengarah kepada Nick sebagai tersangka, bekas tumpahan darah di lantai dapur -yang sudah dibersihkan sebelum polisi datang- , pernyataan salah seorang tetangga dan juga teman Amy tentang kehamilan dan kekerasan yang diterima Amy, Amy yang memesan pistol kepada salah seorang penjual senjata ilegal,  dan perselingkuhan Nick. Semua bisa dijadikan motif bagia Nick  untuk membunuh Amy. Puncaknya adalah ketika polisi menemukan buku harian Amy.

Dalam buku hariannya Amy bercerita bagaimana awal pernikahannya, resesi keuangan yang mereka alami, perselingkuhan Nick, peretengkaran-pertengkarannya dengan Nick, ketakutannya atas kekerasan yang mungkin akan dilakukan Nick hingga kemungkinan Nick sedang menimbang-nimbang keputusan untuk menghabisi Amy.

Ternyata, Amy sengaja merancang semua tuduhan tersebut mengarah kepada Nick, sementara ia melarikan diri dengan sejumlah kas dan mobil yang sudah ia beli sebelumnya. Amy melakukannya karena ia tidak menyukai Nick yang berubah menjadi pemalas setelah kehilangan pekerjaannya, ditambah dengan perselingkuhan Nick.

Terus terang gue ngerasa amazing sekaligus ngeri menyaksikan bagaimana Amy menciptakan perangkap untuk Nick. Tidak hanya itu ketika ia akhirnya kehilangan uang dalam pelariannya, Amy dengan sangat cepat mengubah rencannya. Dari seorang istri yang dibunuh oleh istrinya sendiri menjadi seorang wanita yang diculik, disekap dan dilecehkan oleh mantan kekasih. Amy tidak bahkan menyakiti dirinya sendiri agar tuduhan penyekapan dan pelecahan tidak terbantahkan.

Kemunculan Amy dengan tubuh bersimbah darah -membunuh mantan kekasihnya dengan alasan membela diri- apalagi dengan draman penculikan tentu saja memunculkan simpati. Kecuali dari Nick dan saudara perempuannya yang mengetahui kejadian yang sebenarnya.

Nick bermaksud meninggalkan Amy dan mengungkap kebenaran kepada publik namun Amy muncul dengan kabar kehamilannya -kehamilan pertama palsu-. Nick yang merasa bertanggung jawab atas anak dalam kandungan Amy, memutuskan untuk bertahan dalam pernikahan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s