Tentang Jakarta Yang Sedang Berulang Tahun

Sekitar awal agustus 2006, untuk pertama kalinya saya menginjakan kaki di Jakarta. Menumpang pesawat Batavia Air yang kala itu masih beroperasi, saya nyaris mengikuti semua gerak-gerik penumpang di depan saya. Mulai dari ketika melakukan check-in di bandara-menuju ruang tunggu-menuju pesawat-mengambil bagasi hingga keluar dari pintu kedatangan terminal 1A Soekarno Hatta. Ini pengalaman pertama say adengan peswat terbang.

Mungkin sepupu saya yang menjemput ketika itu, berkisah tentang Jakarta yang macet, mungkin juga tidak, saya tidak ingat. Saya hanya ingat kami menumpang Damri dengan tujuan MM Bekasi, tempat dimana sepupu saya meninggalkan mobilnya. Saya ingat es krim ditangan saya meleleh dengan sangat cepat ketika itu, padahal biasanya di rumah kami es krim bisa dimakan dengan ‘berleha-leha’ saking dinginya.

Setelah hari itu, Jakarta hanya menjadi bagian yang saya saksikan sekelebat, ketika dalam perjalanan dari Bandung menuju Bandara sebelum akhirnya bertolak pulang atau ketika mengunjungi saudara di Bekasi atau ketika mengunjungi kakak saya di sekitaran Jakarta Selatan. Ya! Saya menghabiskan masa empat tahun di Bandung dengan beberapa hari senggang di Jakarta.

Lalu ketika akhirnya saya lulus, mengapa Jakarta menjadi tempat pilihan untuk mengadu nasib?

Harus saya akui jawabannya adalah gengsi. Karena kebanyakan teman-teman SMA saya juga teman-teman masa kuliah bekerja di Jakarta.

Tidak terasa hari ini, sudah 3,5 tahun saya tinggal di Jakarta. Saya tidak tau sampai berapa lama lagi saya akan berada dikota ini. Setahun? Dua tahun? Yang jelas saya tidak bermimpi selamanya berada di kota ini.

Kota ini terlalu ramai, juga terllau sepi dalam saat yang bersamaan.

Jika saya harus pergi, ke kota manahkah kaki ini melangkah? Mungkin ke Groningen, Belanda.

Selamat malam Jakarta. Selamat Ulang Tahun. Aku tau, sesungguhnya kamu lebih lelah dari pada penghuni-penghunimu yang gemar memaki.

 

Leave a Reply

