Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1990

Gambar diambil di sini.

Pertama kali membaca Dilan adalah melalui posting di blog pribadi Pidi Baiq. Ketika akhirnya versi cetaknya muncul, saya tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengenal Dilan lebih dekat.

Dilan adalah seorang remaja pada tahun 1990, tinggal di Bandung, anggota genk motor dan jatuh cinta pada Milea. Kisah dengan premisa yang sama juga pernah saya temui pada novel lain. Hanya saja hanya ada satu anggota geng motor seunik Dilan, yakni Dilan sendiri. 😀

Berikut adalah petikan-petikan menarik tentang Dilan.

Dari gaya penulisan, Dilan di ceritakan dalam dialog-dialog pendek ala keseharian, satu hal yang mungkin dihindari oleh sebagian besar penulis. Karena beberapa pembicaraan yang terdengar wajar dalam keseharian justru menjadi satu hal yang membosankan dalam dunia tulis. Misalnya dialog tentang ‘perdebatan’ kecil tentang siapa yang harus menutup telepon.

Dilan adalah sebuah pengecualian. Cara bercerita melalui dialog-dialog pendek bisa jadi menjadi satu-satunya cara untuk menjelaskan siapa Dilan. Bahwa ia periang, ngocol dan pemikirannya yang unik.

Justru ketika Dilan diceritakan dalam bentuk paragraf, Dilan akan selesai hanya dalam satu paragraf saja.

Hanya saja saya merasa sebagian karakter menjadi ke-dilan-dilan-an. Maksudnya, beberapa karakter mempunyai kemiripan sifat dengan Dilan. Sehingga pada bagian-bagian tertentu cerita ini menjadi kurang menarik. Mengapa? karena saya sudah menetapkan karakter unik tersebut milik Dilan, ketika karakter lain hadir dengan sifat yang mirip Dilan, mendadak Dilan menjadi kurang istimewa

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s