Can You Live Two Weeks Without Social Media?

Gambar diambil disini

Dunia seujung jari, begitulah kita menyebut dunia saat ini. Hanya membutuhkan satu sentuhan kecil maka semua hal bisa diketahui. Tidak peduli fakta atau sekedar kabar burung. Semua terpampang jelas.

Apa yang tidak diketahui Google? Jodoh.

Begitu jokes beberapa orang tapi benarkan jodoh tidak ada ditermukan di internet? Kenyataannya beberapa hubungan  berawal dari perkenalan melalui media sosial, beberapa sampai ke jenjang pernikahan.

Media sosial yang awalnya dianggap sebagai solusi komunikasi jarak jauh justru membentuk jeruji sendiri. Bagi sebagian orang kehidupan di dunia maya jauh lebih nyata dibandingkan kehidupan harian yang dijalaninya.

Di unfriend di media sosial berarti musuh di dunia nyata. Untuk satu hal ini saya pun kerap dibuat bimbang. Ingin me-unfriend beberapa teman yang sangat aktif di media sosial namun informasi yang ditulisanya di account miliknya tersebut bukan informasi yang saya butuhkan, bukan pula informasi yang saya inginkan. Namun ketika di unfriend terjadi perubahan sikap ketika bertemu di dunia nyata.

Penyebaran informasi melalui media sosial pun punya kecepatan super dahsyat. Apalagi dengan fitur trending topic atau popular topic sehingga pengguna media sosial update dengan berita yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna media sosial yang bersangkutan.

Terlambat mengetahui dianggap harga mati, nggak gaul.

Gambar diambil disini

Jadi sanggupkan kamu hidup tanpa media sosial? Dua minggu saja?

Dua minggu ya?

Saya sedang berencana tidak membuka account media sosial saya sampai dengan idul fitri nanti. Hari ini baru hari kedua hidup saya tanpa media sosial Facebook, Twitter dan Path. Rasanya tidak ada banyak hal yang berubah. Hanya sesekali gatal untuk kepo kondisi orang lain.

Kita lihat apa yang terjadi lebih kurang 100 hari dari sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s